Cari Blog Ini

Blog ini di dedikasikan kepada tim pewaris negeri "OASE club" untuk mengasah bakat dan kreatifitas mereka.

Kamis, 01 Agustus 2013

Fabel Kunang2 dan Kupu2


Disuatu siang yang cerah saat kunang-kunang sedang terbang mengelilingi pepohonan. Mereka terkejut melihat amkhluk jelek berbulu yang sedang asyik menikmati siang hari diatas sebuah kelopak bunga.
"Hai jelek.  Siapa kau?" teriak seekor kunang-kunang pada ulat yang sedang beristirahat.
"Aku adalah ulat. Aku disini untuk mencari makan dan beristirahat sebentar." Jawab si ulat
"Enak sekali kau beristirahat dibunga yang cantik ini. lebih baik kau segera pergi. Kau sangat menjijikkan dan aku yakin para gadis desa yang melihatmu akan lari terbirit-birit dan mereka tidak akan mau datang ke taman ini lagi." Kata kunang-kunang marah
"Tolonglah aku hanya akan beristirahat sebentar saja. Aku mulai cepat lelah dan cuaca sangat panas." Ulat memelas
"Tidak bisa. Kami tidak ingin mendapat kerugian sedikitpun karena membiarkan kamu disini." kunang-Kunang bersi keras
"Baiklah." Dengan menitiskan air mata ulatpun menuruni pohon dan mencari pohon yang jauh dari jangkauan kunang-kunang
Sementara kunang-kunang dan rombongannya tertawa senang karena berhasil mengusir ulat yang jelek "cepat sedikit kalau jalan jelek. Dan pergilah yang jauh dari pada para gadis itu melihmu dan membunuhmu. Beruntung kau hanya bertemu denganku sehingga aku hanya mengusirmu pergi."

Setelah ulat menemukan tempat berteduh. Dia merasa sangat lelah dan tubuh tuanya mulai terasa sakit. Dia menganggap dirinya mulai akan mati karena dari tubuhnya mulai keluar benang-benang yang aneh. Dan ulatpun tak dapat menahan kantuknya yang teramat berat.
Sebulan berlalu, ulat mulai terbangun dari tidur panjangnya dan sangat kaget saat melihat sayap dipunggungnya. karena berubah menjadi sangat cantik dan bisa terbang ulat mengganti namanya menjadi kupu-kupu.
Kupu-kupupun terbang dari satu bunga ke bunga lain dan dikejar para gadis desa. Kunang-kunang yang melihat hal itupun terheran heran.
"Siapa kau? Kenapa kau sok cantik dan populer?"
"Kalian tidak mengenaliku? aku dulu adalah ulat yang kalian usir?"
"Tidak mungkin ulat sangat jelek sementara kau sangat....."
Ulat tersenyum simpul. Aku juga tidak tahu apa yang terjadi denganku. Setelah kalian mengusirku aku tertidur lama sekali dan saat terbangun aku telah memiliki sayap yang sangat indah. bagus bukan.
Kunang-kunang terheran-heran dan semakin sedih. karena dari hari ke hari para gadis desa hanya mencari kupu-kupu dan mulai melupakan kunang-kunang.
Akhirnya kunang-kunang hanya berani keluar di malam hari.

Ini hanyalah sebuah fabel dan kita hanya mengambil hikmahnya:
1. Jangan pernah sombong dan semena-mena
2. Tidak selama yang kita olok-olok lebih jelek dari kita
3. Selalu bersabar menghadapi segala sesuatu
Kupu-kupu sangat cantik walau awalnya dia hanya ulat yang sangat menakutkan sementara kunang-kunang sangat indah di malam hari. yang pasti kunang-kunang bukan kukunya orang mati lo ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar