Cari Blog Ini

Blog ini di dedikasikan kepada tim pewaris negeri "OASE club" untuk mengasah bakat dan kreatifitas mereka.

Sabtu, 31 Agustus 2013

Wisata : Gunung Kelud Kediri

Hari ini kami sekeluarga berwisata ke gunung kelud, salah satu gunung api aktif di negara kita tercinta ini sahabat. Selapas sholat subuh kami segera bersiap menuju lokasi gunung kelud yang terletak di Desa Sugih Waras Kecamatan Ngancar kabupaten Kediri. Saat kami kesana sekitar tahun 2004 gunung kelud hanya berupa kawah panas berwarna kehijauan di daerah bekas letusannya yang sangat dasyat dahulu kala, dan kemudian sekitar tahun 2008 berubah menjadi gundukan batu yang ada retaknnya dan terakhir kali saat kami kesana tanggal 11 Agustus 2013 sudah menjadi bentuk anakan gunung di kawah tersebut.
Ada beberapa fasilitas yang bisa kita dapatkan di lokasi gunung kelud sahabat antara lain:

  1. teater dan museum vulkano
  2. Jalan misteri
  3. Flying fox
  4. Terowongan
  5. Perkemahan
  6. Pemandian air panas
  7. Gardu pandang
  8. Anak kelud
Untuk mencapai lokasi gunung kelud kita akan melewati misterius road (jalan misteri) kira-kira sepanjang 100 meter. Kenapa dikatakan jalan misteri?? Ternyata sahabat jalan ini dapat menipu kita karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Area ini terlihat menanjak padahal sebenarnya menurun jadi banyak sekali wisatawan yang membuktikannya dengan cara mematikan mesin dan kendaraan akan berjalan sendiri.

Karena sebuah letusan yang sangat dasyat maka gunung kelud mempunyai kawah yang sangat lebar dan puncaknya menjadi 3 bagian sahabat. Saya membayangkan berapa korban jiwa jika saat gunung kelud meletus penduduk telah sepadat sekarang. Ketiga puncak gunung kelud itu di beri nama Puncak Kelud adalah yang tertinggi, berposisi agak di timur laut kawah. Puncak-puncak lainnya adalah Puncak Gajah mungkur di sisi barat dan Puncak Sumbing di sisi selatan.

Untuk menuju lokasi anak kelud kita harus melewati terowongan yang cukup panjang dan sangat gelap sahabat. Jangan sampai berjalan di sebelah kanan maka sahabat akan tertabrak pengunjung yang lain jadi diterowongan yang dilengkapi lampu seadanya ini sahabat harus pastikan berjalan disebelah kiri. Atau sahabat bisa mempersiapkan lampu senter.

Setelah melewati terowongan yang sangat gelap kita bisa menikmati pemandangan anak kelud dari jarak dekat. Bagi sahabat yang suka dan kuat mendaki tidak ada salahnya menaiki 1000 anak tangga untuk melihat anak kelud dari gardu pandang yang disediakan di puncak gajah mungkur. Dengan palan-pelan kita akan dapat mencapai puncaknya dan diatas akan ada badut yang menyambut kita hehehe....




Kita juga bisa menuruni anak tangga untuk mendekat pada kawah gunung kelud yang telah menjadi anakan gunung kelud sahabat.
terakhir kita bisa menikmati indahnya dan hangatnya kolam air panas dengan cara menuruni sekitar 600 anak tangga. Jika setelah kita berendam di kolam air panas dan kita tidak kuat kembali keatas kita bisa menggunakan fasilitas ojek dengan membayar Rp 25.000,00
Demikian jalan-jalan kita kali ini sahabat sampai ketemu di perjalanan kita selanjutnya Daaag.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar