Cari Blog Ini

Blog ini di dedikasikan kepada tim pewaris negeri "OASE club" untuk mengasah bakat dan kreatifitas mereka.

Sabtu, 25 Mei 2013

Mengenal permainan Catur

Akhir-akhir ini team oase club sangat suka dengan olah raga pikiran catur. Saya rasa ini dapat digunakan sebagai penangkal kegemaran baru mereka bermain game online. Saya lebih setuju mereka bermain catur dari pada bermain game online. Karena bermain catur jelas tidak membutuhkan biaya.

Bagi sahabat yang masih belum mengenal perminan ini, mari kita berkenalan yuk...

Bermain catur sama dengan bermain strategi perang. Jadi sebelum kita dapat bermain catur kita harus tahu macam-macam buah catur dan cara menjalankannya. Sahabat mau tahu. Berikut kami coba menjelaskannya kepada sahabat yang masih pemula:
  1. Prajurit, Si kecil ini ditata rapi dibarisan depan. Si kecil ini hanya boleh melangkah satu, kecuali saat pertama melangkah dia boleh melangkah dua petak. Dia hanya melangkah kedepan sahabat, dan dia tidak boleh melangkah ke belakang. Dia hanya bisa menyerang lawan yang disamping depannya. Jadi, intinya dia hanya melangkah kedepan dan boleh melawan mungsuh yang tepat ada didepannya dan menyamping. Miring (x) kekanan atau ke kiri. Saat prajurit bisa menembus pertahanan dan sampai pada pinggir barisan lawan maka dia bisa berubah menjadi apapun yang diinginkannya
  2. Benteng, masing-masing warna mempunyai dua benteng dan diletakkan di pojok kanan dan kiri barisan belakang. Benteng hanya bisa berjalan dan melawan munsuhnya yang posisinya lurus dengannya.
  3. Kuda, kuda juga ada dua dan diletakkan di samping benteng. Cara berjalan dan melawan munsuhnya adalah zigzaq, atau membentuk huruf L.
  4. Gajah, sama halnya denga benteng dan kuda gajah juga ada dua dan dilekakkan di samping kuda sahabat. Dan Gajah hanya boleh berjalan dan melawan mungsuh dengan miring atau membentuk huruf (X) 
  5. Perdana Menteri, berada tepat di samping raja dengan lantai yang tidak sama dengan warnanya. Perdana menteri adalah buah catur yang paling enak dia dapat bergerak sesuka hati, yaitu lurus dan miring (x)
  6. Raja, Raja adalah yang harus dilindungi saat kita bermian catur. Raja terbunuh, matilah sudah. Raja boleh bergerak sesuka hatinya ke kedepan, menyamping, miring. namun, hanya satu langkah.
Nah, sahabat itulah yang perlu kita tahu saat kita memulai belajar catur. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar