Cari Blog Ini

Blog ini di dedikasikan kepada tim pewaris negeri "OASE club" untuk mengasah bakat dan kreatifitas mereka.

Selasa, 07 Oktober 2014

Tahukah Kamu: Kenapa Kapal Laut Terapung???


 

Pertanyaaan akan timbul di dalam benak kita saat kita belihat kapal yang begitu besar dapat terapung di lautan sedangkan paku yang sangat kecil malah tenggelam saat kita lempar ke laut. Padahal bahan penyusun kapal dan bahan penyusun paku sama. Kebanyakan bahan penyusun kapal adalah besi. Kenapa hal itu bisa terjadi??

Sahabat, ingat tidak dengan pelajaran disekolah bahwa benda akan terapung, melayang dan tenggelam di dalam zat cair sebanding dengan massa jenis benda dengan massa jenis zat cairnya. Benda akan terapung jika massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis zat cair. Benda akan melayang jika massa jenisnya sama dengan massa jenis zat cair dan benda akan tenggelam jika massa jenisnya lebih besar dari massa jenis zat cair.
Tahu massa jenis air?? Massa jenis air adalah 1000 kg/m3 sedangkan massa jenis besi adalah 7.900 kg/m3. Kan lebih berat besi kenapa kapal tidak tenggelam???
Sahabat pernah masuk kedalam kapan. Hampir semua materi pembuat kapal adalah besi. Namun, di dalam kapal ada beberapa macamm ruangan yang dapat di masuki oleh udara. Sahabat juga tahu kan bentuk kapan adalah cekung, yang fungsinya adalah sebagai tempat udara. Karena kapal mempunyai volume udara inilah maka massa jenis besi akan di bagi dengan massa jenis udara. Dan massa jenis kapal akan menjadi semakin ringan dari pada massa jenis air.
Coba sahabat membuat uji coba di rumah. Sahabat masukkan mangkuk kedalam bak berisi air. Maka mangkung yang terasa berat itu akan tetap terapung karena dia memiliki ruang yang berisi udara. Masukkan sebutir demi sebutir matu ke dalam mangkung tersebut.
Dari percobaan tersebut kita akan tahu bahwa. Pada awalnya sebutir demi sebutir batu itu akan tetap dapat terdorong oleh air namun, lama kelamaan jika sudah mencapai batas maksimalnya maka mangkuk tersebut akan tenggelam.
Sama halnya dengan kapal laut. Walau ada ratusan mobil dan manusia masuk kedalam kapal. Namun, kapal akan tetap terapung selama tidak melampuni batas maksimalnya. Jika ada kapal tenggelam itu karena kapal tersebut menampung massa lebih dari kemampuannya.
Demikian sahabat, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar